Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Perubahan Iklim
Article Metrics
The abstract has been viewed for 47 times.The full pdf article has been downloaded for 34 times.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan iklim di kelas X SMA. Penelitian menggunakan desain one-group pretest-posttest dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa soal two-tier multiple choice untuk mengukur lima indikator berpikir kritis: interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan penjelasan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 52 menjadi 79, dengan nilai N-Gain sebesar 0,57 (kategori sedang). Indikator inferensi mengalami peningkatan tertinggi (0,71), sedangkan analisis memiliki skor terendah (0,38). Pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi eksperimen sederhana, simulasi PhET, dan debat ilmiah kontekstual terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL merupakan strategi yang relevan untuk membekali siswa menghadapi isu global seperti perubahan iklim melalui pendekatan pembelajaran abad ke-21.
Keywords
Berpikir kritis; Problem Based Learning; Perubahan iklim
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.