Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Hasil Belajar dalam Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia

marisa lidia anggarwati, Ridwan Joharmawan, Brian Anggriawan

Article Metrics

The abstract has been viewed for 27 times.
The full pdf article has been downloaded for 10 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari hasil belajar dalam pembelajaran berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi melalui analisis lembar kerja peserta didik (LKPD), observasi pembelajaran, dan wawancara mendalam. Instrumen berupa rancangan pembelajaran, LKPD, dan tes hasil belajar telah divalidasi dan mendapatkan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan hasil belajar tinggi menguasai lima indikator berpikir kritis, peserta didik dengan hasil belajar sedang menguasai empat indikator, dan peserta didik dengan hasil belajar rendah menguasai dua indikator berpikir kritis. Pembelajaran berbasis POGIL mendorong peserta didik untuk terlibat aktif, berpikir analitis, dan menghubungkan konsep-konsep kimia dengan konteks nyata. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan LKPD berbasis POGIL efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi yang bersifat abstrak seperti hukum-hukum dasar kimia.

Keywords

Berpikir kritis, POGIL, hukum-hukum dasar kimia, hasil belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.