Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Fase F Pada Materi Stoikiometri Berdasarkan Kurikulum Merdeka

Zayaan Saba Abellisi

Article Metrics

The abstract has been viewed for 30 times.
The full pdf article has been downloaded for 18 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan analisis keterampilan berpikir kritis berdasarkan capaian pembelajaran elemen pemahaman kimia dan keterampilan proses, serta standar pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi terkait data standar pendidikan dan indikator keterampilan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan berupa tabel analisis indikator keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis data menggunakan teknik statistik deskriptif metode analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) standar pendidikan diharapkan dapat membantu pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta memberikan asesmen untuk melatih peserta didik berpikir lebih kritis, 2) analisis indikator keterampilan berpikir kritis berdasarkan capaian pembelajaran elemen pemahaman kimia dan keterampilan proses lebih banyak memenuhi indikator bagian Basic Support dan Inference, sedangkan indikator yang sedikit memenuhi yaitu pada Elementary Clarification, Advenced Clarification, serta Strategy and Tactic.

Keywords

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis, Analisis Capaian Pembelajaran, Materi Stoikiometri, Kurikulum Merdeka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.