Validitas dan Praktikalitas Media Pembelajaran Konten Edukasi Materi Kimia Hijau Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Fase E SMA/MA
Article Metrics
The abstract has been viewed for 25 times.The full pdf article has been downloaded for 17 times.
Abstract
Materi kimia hijau bersifat konseptual, sehingga memerlukan penjelasan yang jelas serta contoh nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran topik ini dapat diterapkan melalui model Project-Based Learning (PjBL) dengan memanfaatkan media pembelajaran berupa konten edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis PjBL untuk materi kimia hijau pada fase E SMA/MA serta mengevaluasi validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini termasuk dalam kategori Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup angket validitas dan angket kepraktisan. Proses validasi konten edukasi dilakukan oleh lima validator, terdiri dari tiga dosen kimia FMIPA UNP, satu guru kimia dari SMAN 3 Padang, dan satu guru dari SMAN 10 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas memperoleh nilai rata-rata Aiken’s V sebesar 0,86, yang masuk dalam kategori valid. Sementara itu, penilaian kepraktisan oleh dua guru SMAN 10 Padang mencapai 89% (kategori sangat praktis), sedangkan sembilan siswa SMAN 10 Padang memberikan penilaian sebesar 96% (kategori sangat praktis). Dengan demikian, konten edukasi materi kimia hijau berbasis PjBL untuk fase E SMA/MA dinyatakan valid dan sangat praktis.
Keywords
Konten Edukasi, Kimia Hijau, Project Based Learning.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.