Efektivitas Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Discord Pada Materi Termokimia

Nurkholishah Amien, Mawardi Mawardi, Okta Suryani

Article Metrics

The abstract has been viewed for 22 times.
The full pdf article has been downloaded for 46 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran flipped class  berbasis inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Discord tentang materi termokimia terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah lanjutan dari penelitian pengembangan model Plomp dengan jenis penelitian quasi eksperimen berdesain Non-equivalent control group design . Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yaitu eksperimen dan kontrol dengan jumlah sampel 60 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling . Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, kelas eksperimen memiliki nilai N-gain 0,70 dan kelas kontrol memiliki nilai N-gain 0,54. Sesuai dengan nilai N-gain, esektivitas kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi, dan kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang. Hipotesis selanjutnya diuji menggunakan uji-t, diperoleh nilai t-hitung sebesar 0,73 dan t-tabel sebesar 2,048. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan flipped class berbasis inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan aplikasi Discord untuk materi termokimia efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

Flipped Classroom; Inkuiri terbimbing; Discord; Termokimia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.