Meta Analisis:Integrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Umi Salamah, Dwi Finna Syolendra

Article Metrics

The abstract has been viewed for 65 times.
The full pdf article has been downloaded for 24 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek integrasi etnosains dalam pembelajaran kimia terhadap kemampuan berkritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis, menganalisis 9 artikel yang dikumpulkan dari jurnal internasional dan nasional yang tersedia selama tujuh tahun terakhir yang dianalisis. Data dianalisis dengan menghitung nilai effect size dari masing-masing artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk berpikir kritis dipengaruhi oleh integrasi etnosains pada pembelajaran kimia sebesar 55,6% dengan kategori tinggi. Ditinjau dari model pembelajaran yang paling banyak digunakan terintegrasi etnosains adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan rata-rata 0,96 kategori tinggi, dibandingkan dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dan Discovery Learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia yang mengintegrasikan etnosains memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan peserta didik untuk mengembangkan pemikiran kritis.

Keywords

Etnosains, Kemampuan Berpikir Kritis, Meta Analisis, Pembelajaran Kimia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.