Efektivitas Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Ikatan Kimia Fase E terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Annisa Luthfi, Mawardi Mawardi, Okta Suryani

Article Metrics

The abstract has been viewed for 160 times.
The full pdf article has been downloaded for 80 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan pengembangan bahan ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi ikatan kimia yang telah melalui uji validitas dan praktikalitas, namun belum melalui uji efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar tersebut untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pra eksperimen (Pre-Eksperiment Research) dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas (kelas eksperimen) yaitu kelas X E.2 SMA Negeri 8 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pengetahuan kognitif sebanyak 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar tersebut, sebagaimana terlihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar. Temuan ini juga didukung oleh hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05, yang menunjukkan bahwa nilai nilai t-hitung (31,02) > t-tabel (2,03). Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi ikatan kimia efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Fase E SMA Negeri 8 Padang

Keywords

Bahan Ajar, Kurikulum Merdeka, Ikatan Kimia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.