Pengembangan LKPD Berorientasi Kimia Hijau untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Sintia Nur Aeni

Article Metrics

The abstract has been viewed for 113 times.
The full pdf article has been downloaded for 70 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menentukan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi kimia hijau yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2  Surabaya pada peserta didik kelas XI MIPA 9 yang memiliki kemampuan beragam dan telah menerima materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Terdapat tiga prinsip kimia hijau yang diterapkan pada pengembangan LKPD ini, yaitu prinsip kimia hijau nomor 1, 7, dan 12. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (four D) yang terdiri  dari  empat  tahap yaitu, pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, penelitian ini  dibatasi sampai tahap pengembangan. Kelayakan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validitas isi memperoleh skor modus 5 dan validitas  konstruk memperoleh skor modus 4, sehingga dinyatakan valid. Kepraktisan LKPD ditinjau  dari  hasil  angket  respon  peserta  didik,  aktivitas peserta didik, dan  keterlaksanaan pembelajaran  yang  masing-masing mendapatkan persentase sebesar 97.05%,95.28%, dan 92.59% dengan  kategori sangat  praktis. Keefektifan  LKPD ditinjau dari nilai N-gain yang memperoleh  skor  sebesar 0.74 dengan kategori  tinggi. Hasil analisis data menunjukkan  bahwa  LKPD  yang  dikembangkan layak digunakan  karena  telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Keywords

LKPD, kimia hijau, keterampilan berpikir kreatif, elektrolit dan nonelektrolit

Refbacks

  • There are currently no refbacks.