Pengembangan LKPD Berorientasi Kimia Hijau untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Article Metrics
The abstract has been viewed for 113 times.The full pdf article has been downloaded for 70 times.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menentukan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi kimia hijau yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya pada peserta didik kelas XI MIPA 9 yang memiliki kemampuan beragam dan telah menerima materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Terdapat tiga prinsip kimia hijau yang diterapkan pada pengembangan LKPD ini, yaitu prinsip kimia hijau nomor 1, 7, dan 12. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu, pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Kelayakan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validitas isi memperoleh skor modus 5 dan validitas konstruk memperoleh skor modus 4, sehingga dinyatakan valid. Kepraktisan LKPD ditinjau dari hasil angket respon peserta didik, aktivitas peserta didik, dan keterlaksanaan pembelajaran yang masing-masing mendapatkan persentase sebesar 97.05%,95.28%, dan 92.59% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan LKPD ditinjau dari nilai N-gain yang memperoleh skor sebesar 0.74 dengan kategori tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.