Efektivitas Penggunaan Modul Hidrokarbon Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA Madrasah Aliyah
Article Metrics
The abstract has been viewed for 78 times.The full pdf article has been downloaded for 65 times.
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an yang telah diuji validitas dan praktikalitasnya, tetapi belum diuji efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penggunaan modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing yang terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA Madrasah Aliyah. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kota Padang, sampel diambil dengan teknik purposive sampling, kelas XI MIPA 1 dan 2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada kelas kontrol. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 adalah Thitung (7,64) > Ttabel (1,99) yang menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.