Efektivitas Penggunaan Modul Hidrokarbon Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA Madrasah Aliyah

Tasya Rahmah Dimi, Iryani Iryani

Article Metrics

The abstract has been viewed for 5 times.
The full pdf article has been downloaded for 3 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an yang telah diuji validitas dan praktikalitasnya, tetapi belum diuji efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penggunaan modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing yang terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA Madrasah Aliyah. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kota Padang, sampel diambil dengan teknik purposive sampling, kelas XI MIPA 1 dan 2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada kelas kontrol. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 adalah Thitung (7,64) > Ttabel (1,99) yang menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah.

Keywords

Efektivitas; Modul; Inkuiri Terbimbing; Hidrokarbon; Hasil Belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.