Pengembangan Sumber Belajar Menggunakan TikTok pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA

Bella Handayani, Suryelita Suryelita

Article Metrics

The abstract has been viewed for 123 times.
The full pdf article has been downloaded for 82 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Hukum-hukum dasar kimia merupakan materi pembelajaran kimia kelas X SMA/MA. Karakteristik materinya abstrak dan banyak hitungan, sehingga materi tersebut sulit dipahami peserta didik. Untuk memahami materi pelajaran ini dengan lebih baik, diperlukan belajar mandiri. TikTok adalah salah satu sumber belajar mandiri di media sosial yang dapat digunakan pada era modern. Penggunaan platform ini membantu memicu antusiasme dalam belajar karena mayoritas murid menggunakan TikTok. Namun, belum ditemukan akun yang menggunakan platform tersebut untuk membagikan media belajar tentang materi hukum dasar kimia. Oleh karena itu, penelitian dengan tujuan mengembangkan media belajar menggunakan platfrom TikTok pada materi hukum-hukum dasar kimia dan mengetahui kevalidan. Jenis penelitian ini adalah educational design research menggunakan model pengembangan Plomp. Dengan tahapan preliminary stage, prototyping stage, dan assesement phase. Penelitian ini dibatasi pada tahap prototype III. Data validasi dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner validasi. Materi tersebut divalidasi oleh lima orang: dua guru kimia dan tiga dosen kimia. Formula Aiken's V digunakan dalam proses analisis data. Berdasarkan hasil pengujian media belajar, kategori valid menghasilkan nilai Aiken’s V rata-rata sebesar 0,88. Media belajar menggunakan TikTok sebagai sumber belajar mandiri yang valid dan dapat diterapkan pada materi hukum-hukum dasar kimia.

Keywords

Formula Aiken’s V, Sumber Belajar, TikTok, Hukum-Hukum Dasar Kimia, Model Plomp.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.