Pengembangan Permainan Tic-Tac-Chem sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Sistem Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA

hafzhatul husna, fajria azra

Article Metrics

The abstract has been viewed for 58 times.
The full pdf article has been downloaded for 55 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

 

ABSTRAK

Permainan tic-tac-chem dibuat sebagai rangkaian latihan untuk membantu siswa memantapkan pemahaman mereka terhadap informasi tentang sistem koloid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk permainan Tic-Tac-Chem pada materi sistem koloid dan menentukan kategori kevalidan dari permainan tersebut. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori Research and Development (R&D), dan menggunakan paradigma 4D, yang memiliki empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dengan mengevaluasi reliabilitas permainan Tic-Tac-Chem, penelitian ini dibatasi pada tahap Develop. Kuesioner validasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang validitas. Lima orang validator-tiga dosen kimia dan dua guru kimia-melakukan validasi terhadap permainan ini. Metode analisis data menggunakan rumus Aiken's V. Berdasarkan hasil pengujian media permainan, kategori valid menghasilkan nilai Aiken's V rata-rata sebesar 0,86. Permainan Tic-Tac-Chem dianggap sebagai media pembelajaran yang valid dan dapat diterapkan pada materi sistem koloid.

KATA KUNCI

Aiken’s V, Media Pembelajaran, model 4D, R&D, Sistem Koloid, Tic-Tac-Chem

Refbacks

  • There are currently no refbacks.