Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Kolaborasi Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa
Article Metrics
The abstract has been viewed for 24 times.The full pdf article has been downloaded for 9 times.
Abstract
Penelitian ini membahas kesenjangan antara partisipasi aktif siswa di kelas dengan pencapaian akademik yang rendah, serta menyoroti perlunya media pembelajaran yang fleksibel dan kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kolaborasi siswa pada materi titrasi asam-basa melalui penerapan model Discovery Learning berbasis Google Sites. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas XI-B SMAN 2 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi untuk menilai kemampuan kolaborasi melalui kegiatan Lesson Study. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa, dari 60,06 pada pra-siklus menjadi 89,02 di siklus I, dan meningkat lagi menjadi 96,38 di siklus II, dengan 100% siswa mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, kemampuan kolaborasi siswa juga meningkat pada lima indikator utama. Dapat disimpulkan bahwa integrasi model Discovery Learning dengan media Google Sites efektif dalam meningkatkan keterlibatan, pemahaman konsep, dan kerja sama siswa dalam pembelajaran kimia.
Keywords
Discovery Learning; Google Sites; Hasil Belajar; Kemampuan Kolaborasi; Titrasi Asam Basa
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.