Pengaruh Ludo Word Game Kimia Sebagai Media Chemo-Edutaiment Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMA/MA
Article Metrics
The abstract has been viewed for 24 times.The full pdf article has been downloaded for 23 times.
Abstract
Penelitian ini di latar belakang media ajar ludo word game kimia sebagai media chemo-edutaiment untuk topik ikatan kimia yang sudah valid, praktis, dan efektif tetapi belum dilakukan uji coba terkait dampak yang diberikan pada hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meninjau pengaruh yang diberikan media permainan ludo word game menjadi media chemo-edutaiment untuk topik ikatan kimia pada hasil belajar kognitif dari peserta didik Fase E SMA/MA. Jenis dari penelitian yang dipakai yakni Quasi Eksperimen melalui desain penelitian Non Equivalen Control Group Desain. Sampel penelitian diraih melalui penggunaan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen untuk penelitian dipakai tes hasil belajar yang mencakup atas 25 butir soal yang dipakai untuk pelaksanaan pretest dan posttest, yang sebelumnya telah diuji cobakan. Berdasarkan dari temuan analisis pengujian hipotesis melalui uji-t pada taraf nyata 0,05 diraih thitung (4,58) > ttabel (1,66) yang memperlihatkan hasil belajar dari grup eksperimen lebih unggul dibanding grup kontrol. Hasilnya diraih H0 ditolak dan H1 diterima, dimana bisa diraih Kesimpulan yakni ditemukan pengaruh yang signifikan melalui penggunaan media permainan ludo word game menjadi media chemo-edutaiment untuk topik ikatan kimia pada hasil belajar kognitif dari peserta didik.
Keywords
Ludo Word Game, ikatan kimia, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.