Validitas E-Modul Ikatan Ion dan Kovalen Berbasis Guided Inquiry Learning (GIL) Terintegrasi Teaching at The Right Level (TaRL) Fase F

Sri Irma Julianti, Iryani Iryani

Article Metrics

The abstract has been viewed for 18 times.
The full pdf article has been downloaded for 17 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-modul ikatan ion dan kovalen berbasis Guided Inquiry Learning (GIL) terintegrasi Teaching At The Right Level (TaRL) fase F kelas XI dan mengungkapkan kategori validitasnya. Penelitian ini yaitu Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri dari 3 langkah yaitu investigasi awal, prototipe serta penilaian. Namun, penelitian ini dibatasi sampai prototipe III yaitu tahap validitas elektronik modul. Intrumen penilaian yang digunakan yakni angket validitas. Validasi e-modul dilakukan oleh 5 validator, yang terdiri dari 3 orang dosen kimia UNP dan 2 orang guru kimia fase F kelas XI SMA Negeri 1 X Koto. Hasil validasi dianalisis dengan formula Aiken’s V, Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan, elektronik modul berada di kategori valid dengan nilai rata-rata V sebesar 0,92. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah valid.

Keywords

Validitas, e-modul, Guided Inquiry Learning, Teaching at The Right Level,Ikatan Ion dan Kovalen

Refbacks

  • There are currently no refbacks.