Validitas E-Modul Termokimia Berbasis Guided Inquiry Learning (GIL) Terintegrasi Teaching at The Right Level (TaRL) Fase F Kelas XI

Khiestna Az Zahra, Iryani Iryani

Article Metrics

The abstract has been viewed for 17 times.
The full pdf article has been downloaded for 21 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-modul termokimia berbasis Guided Inquiry Learning (GIL) terintegrasi Teaching at The Right Level (TaRL) fase F kelas XI serta mengungkapkan kategori validitasnya. Penelitian ini yaitu Educational Design Resign (EDR) dengan model Plomp. Model Plomp terdiri dari 3 langkah yaitu investigasi awal, prototipe, serta penilaian. Namun, penelitian ini dibatasi hingga prototipe III yakni tahap uji validitas elektronik modul. Instrumen penelitian yang digunakan yakni angket validitas. Validasi e-modul dilakukan oleh 5 validator, terdiri dari 3 dosen kimia UNP dan 2 guru kimia fase F SMAN 2 Lubuk Sikaping. Hasil validasi dianalisis dengan formula Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan, elektronik modul berada di kategori valid dengan nilai rata-rata V sebesar 0,92. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah valid.

Keywords

Validitas; E-Modul; Termokimia; GIL; TaRL

Refbacks

  • There are currently no refbacks.