Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Hukum Dasar Kimia untuk Mengidentifikasi Model Mental Peserta Didik

Trisa Fadhillah, Fajriah Azra

Article Metrics

The abstract has been viewed for 23 times.
The full pdf article has been downloaded for 11 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Pemahaman Memahami konsep kimia, terutama hukum dasar kimia, sangat penting untuk keberhasilan siswa. Model mental dapat digunakan untuk menggambarkan pemahaman tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat alat tes diagnostik empat tingkat untuk mengidentifikasi model mental siswa pada materi hukum dasar kimia. Selain itu, mereka juga ingin menguji instrumen tersebut apakah valid atau tidak. Untuk penelitian ini, metode Research and Development (R&D) digunakan bersama dengan model pengembangan Treagust. Penelitian ini melibatkan tiga dosen kimia FMIPA UNP, dua guru, dan tiga puluh siswa kelas X Fase E di MAN 2 Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes diagnostik telah valid dan memenuhi kriteria instrumen, dengan nilai validitas logis rata-rata 0,96, dan reliabilitas pada tingkat pertama dan ketiga masing-masing 0,89 dan 0,86 masing-masing, yang dianggap sangat tinggi.

Keywords

Tes Diagnostik; Model Mental; Hukum Dasar Kimia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.