Pengembangan e-modul Pembelajaran Reaksi Kimia dan Konsep Mol Sesuai Kurikulum Merdeka Untuk Fase E SMA/MA

Aprilia Fattaahu Utari

Article Metrics

The abstract has been viewed for 59 times.
The full pdf article has been downloaded for 58 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Kurikulum merdeka mengharapkan peserta didik memahami konsep materi secara literasi dan numerasi. Salah satu materi yang dipelajari pada fase E adalah Reaksi Kimia dan Konsep Mol. Berdasarkan hasil penyebaran angket kepada peserta didik, sebanyak 44,7% kesulitan memahami materi konsep mol, sedangkan 32,14%  mengalami kesulitan dengan materi reaksi kimia, dan 23,21%  kesulitan dalam memahami materi rumus kimia dan tatanama senyawa. Salah satu penyebabnya karena modul ajar yang digunakan menampilkan teks panjang, gambar masih sedikit, serta tidak adanya contoh soal sehingga menyulitkan peserta didik memahami materi. Solusinya adalah menyajikan materi yang memuat teks, gambar, video, dan audio yang menarik dalam bentuk e-modul. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran reaksi kimia dan konsep mol sesuai kurikulum merdeka serta mengetahui validitas dan kategori kepraktisannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Educational Design Research dengan model pengembangan plomp. Penelitian ini dibatasi  pada prototipe III. Subjek penelitian adalah dosen kimia UNP, guru kimia, dan peserta didik fase E SMAN 9 padang. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa e-modul valid dengan nilai validasi konten 0,89 validasi konstruk dan ahli media 0,87 sedangkan  hasil uji kepraktisan guru sebesar 87% dan peserta didik sebesar 89% dengan kategori sangat praktis . Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dihasilkan valid dan sangat praktis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.