Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

nurul Isnaini

Article Metrics

The abstract has been viewed for 63 times.
The full pdf article has been downloaded for 48 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Proses pembelajaran kurikulum 2013 menginginkan siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas, kondisi yang menyenangkan, menantang dan kontekstual yang membutuhkan proses belajar dengan mengubah konsep berpikir siswa untuk melibatkan proses kognitif yang aktif melalui proses berpikir secara mendalam dengan tingkatan yang tinggi melalui pengalaman kerja ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD berbasis problem based learning  pada materi asam basa berdasarkan standar BSNP, Untuk mengetahui respon siswa mengenai LKPD berbasis problem based learning dan untuk mendapatkan data informasi mengenai peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKPD berbasis Problem based learning yang dikembangkan.  Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define ,Design,Development dan  Disseminate). Instrumen yang digunakan adalah soal tes,lembar wawancara, lembar angket validasi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian diperoeh bahwa LKPD berbasis Problem based learning yang dikembangkan memperoleh kategori sangat valid dan hasil respon peserta didik dengan kategori baik sekali serta penggunaan LKPD dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi 

Keywords

Lembar kerja peserta didik, problem based learning, berpikir kritis.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.