Deskripsi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak SMAN 9 Padang pada materi ikatan kimia fase f
Article Metrics
The abstract has been viewed for 88 times.The full pdf article has been downloaded for 76 times.
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu langkah yang dapat diambil dalam rangka menerapkan kurikulum yang mencerminkan karakteritik kurikulum merdeka yaitu memberikan cara yang sesuai dengan perbedaan individu peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak SMAN 9 Padang pada materi ikatan kimia fase F. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas XI fase F SMAN 9 Padang, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu peserta didik kelas XI Fase F moving kimia sesi 2 SMAN 9 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang diterapkan menggunakan model Miles & Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada konten dan poses, melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi peserta didik difasilitasi media pembelajaran yang beragam berdasarkan gaya belajar peserta didik. Namun dalam pelaksanaan diferensiasi konten dan proses tersebut tidak disesuaikan berdasarkan hasil pemetaan gaya belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi, terdapat dampak perubahan perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.