Efektivitas Penggunaan Permainan Ludo Word Game Kimia Sebagai Media Chemo-Edutainment (CET) Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA

Salsabilla Azzara, Iswendi Iswendi

Article Metrics

The abstract has been viewed for 12 times.
The full pdf article has been downloaded for 13 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penelitian ini memiliki latarbelakang yaitu media permainan Ludo Word Game (LWG) sebagai media (CET) yang telah tersedia untuk mempelajari materi sistem koloid. Meskipun media tersebut sudah valid dan praktis, namun belum dilakukannya uji efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini menentukan tingkat keefektifan penggunaan media permainan LWG kimia terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP, terutama ranah kognitif. Penelitian ini lanjutan dari pengembangan menerapkan model Plomp. Desain penelitian ini Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi siswa yaitu kelas XI MIPA. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XI MIPA 3 terpilih menjadi kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 menjadi kelas kontrol. Jenis data yang digunakan data primer dari hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data dengan uji N-Gain, uji hipotesis menggunakan uji-t. Rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen 83,4, kelas kontrol 63. Selain itu, rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen mencapai 0,78 dikategorikan sebagai tinggi, kelas kontrol sebesar 0,53 dikategorikan sebagai sedang. Dengan melakukan uji-t, (8,312)>(1,66), taraf nyata α=0,05. Oleh karena itu, H0 ditolak H1 diterima. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa permainan LWG sebagai media CET materi sistem koloid efektif signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. 

Keywords

Efektivitas; Permainan LWG sebagai Media CET; Sistem Koloid; Hasil Belajar Siswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.