Pengembangan Media Pembelajaran melalui TikTok pada Materi Stoikiometri sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Kelas XI SMA/MA

Vinny Frestia Eka Putri, Suryelita Suryelita

Article Metrics

The abstract has been viewed for 9 times.
The full pdf article has been downloaded for 7 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Stoikiometri merupakan salah satu materi kelas XI SMA/MA pada kurikulum merdeka. Materi ini dianggap sulit dipahami oleh peserta didik karena karakteristik materinya yang abstrak dan banyak perhitungan. Belajar mandiri perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, sesuai dengan salah satu karakteristik peserta didik saat ini yaitu menyukai media pembelajaran menggunakan teknologi dengan format audio-visual. Media sosial efektif digunakan untuk belajar mandiri seperti TikTok. Belum ditemukan akun TikTok yang membahas tuntas materi stoikiometri untuk kelas XI SMA/MA. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran melalui TikTok pada materi stoikiometri serta mengungkap validitasnya. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research dengan model pengembangan Plomp yang dibatasi sampai prototipe II meliputi tahap preliminary research dan prototyping stage. Penelitian dilaksanakan di Departemen Kimia FMIPA UNP dan SMAN 9 Padang.  Subjek penelitian ini adalah dosen Kimia FMIPA UNP, guru kimia, dan peserta didik kelas XI SMAN 9 Padang. Data hasil validasi diolah dan dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. Hasil validasi menunjukkan media valid dengan nilai 0,86.

Keywords

Pengembangan, Media Pembelajaran, TikTok, Stoikiometri, Sumber Belajar Mandiri

Refbacks

  • There are currently no refbacks.