PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MANDIRI BERBASIS TELEGRAM MATERI PENERAPAN KONSEP KIMIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN & PEMANASAN GLOBAL UNTUK KELAS X SMA

Septila Fani, Suryelita Suryelita

Article Metrics

The abstract has been viewed for 112 times.
The full pdf article has been downloaded for 85 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

Penerapan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan dan pemanasan global merupakan materi kimia pada kurikulum merdeka fase E SMA. Kurikulum merdeka mengharapkan peserta didik mampu mengaplikasikan konsep dalam kehidupan. Aplikasi konsep memerlukan pemahaman konsep, yang dapat ditingkatkan dengan belajar mandiri. Media sosial merupakan salah satu inovasi sumber belajar mandiri kekinian. Salah satu pilihan media sosial yang dapat digunakan adalah Telegram. Telegram dapat dimanfaatkan karena sesuai dengan minat belajar peserta didik yang lebih menyukai video dan gambar. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar mandiri berbasis Telegram materi penerapan konsep kimia dalam pengelolaan lingkungan dan pemanasan global serta mengetahui validitas dan kategori praktikalitasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Education Design Research dengan model pengembangan Plomp. Plomp terdiri dari 3 tahap, yaitu : Preliminary Research, Prototyping Stage dan Assesement Phase. Penelitian dibatasi sampai praktikalitas pada prototipe III. Subjek penelitian adalah dosen kimia UNP, guru kimia dan peserta didik fase E SMAN 2 Lubuk Sikaping. Sumber belajar mandiri yang dihasilkan telah valid dengan nilai V = 0.87, setelah data hasil validitas diolah menggunakan formula Aiken’s V.

Keywords

Sumber Belajar, Belajar Mandiri, Telegram, Penerapan Konsep Kimia dalam Pengelolaan Lingkungan dan Pemanasan Global.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.