Pengembangan Permainan Tic-Tac-Chem sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Sistem Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA
Article Metrics
The abstract has been viewed for 58 times.The full pdf article has been downloaded for 55 times.
Abstract
ABSTRAK
Permainan tic-tac-chem dibuat sebagai rangkaian latihan untuk membantu siswa memantapkan pemahaman mereka terhadap informasi tentang sistem koloid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk permainan Tic-Tac-Chem pada materi sistem koloid dan menentukan kategori kevalidan dari permainan tersebut. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori Research and Development (R&D), dan menggunakan paradigma 4D, yang memiliki empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dengan mengevaluasi reliabilitas permainan Tic-Tac-Chem, penelitian ini dibatasi pada tahap Develop. Kuesioner validasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang validitas. Lima orang validator-tiga dosen kimia dan dua guru kimia-melakukan validasi terhadap permainan ini. Metode analisis data menggunakan rumus Aiken's V. Berdasarkan hasil pengujian media permainan, kategori valid menghasilkan nilai Aiken's V rata-rata sebesar 0,86. Permainan Tic-Tac-Chem dianggap sebagai media pembelajaran yang valid dan dapat diterapkan pada materi sistem koloid.
KATA KUNCI
Aiken’s V, Media Pembelajaran, model 4D, R&D, Sistem Koloid, Tic-Tac-Chem
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.