Development of Guided Discovery Learning-Based Colloid System E-Module for Class XI Grade Senior High School Student
Article Metrics
The abstract has been viewed for 332 times.The full pdf article has been downloaded for 336 times.
Abstract
Keywords
Full Text:
01_351 (Bahasa Indonesia)References
Jalius E. Pengembangan Paket Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Kontruktivisme. Pros SEMIRATA 2015 Bid MIPA BKS-PTN Barat Univ Tanjungpura, Pontianak. 2015;640–9.
Harianti F. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST J Math Educ Sci Technol. 2018;3(1):82.
Hidayat R, Hakim L, Lia L. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berk Ilm Pendidik Fis. 2019;7(2):97.
Maulidar N, Yusrizal, Halim A. Pengaruh Penerepan Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Kemagnetan. J Pendidik Sains Indones. 2016;4(2):69–75.
Sulistyowati N, Widodo AT, Sumarni W. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chem Educ. 2012;1(2).
Wulandari IGAPA, Sa’dijah C, As’ari AR, Rahardjo S. Modified Guided Discovery Model : A conceptual Framework for Designing Learning Model Using Guided Discovery to Promote Student’s Analytical Thinking Skills. J Phys Conf Ser. 2018;1028(1).
Khasanah N, Dwiastuti S, Nurmiyati. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Literasi Sains Ditinjau dari Kecerdasan Naturalis. Proceeding Biol Educ Conf. 2016;13(1):346–51.
Yerimadesi, Bayharti, Jannah SM, Lufri, Festiyed, Kiram Y. Validity and Practitality of Acid-Base Module Based on Guided Discovery Learning for Senior High School. IOP Conf Ser Mater Sci Eng. 2018;335(1).
Yerimadesi Y, Bayharti B, Azizah A, Lufri L, Andromeda A, Guspatni G. Effectiveness of acid-base modules based on Guided Discovery Learning for increasing critical thinking skills and learning outcomes of senior high school student. J Phys Conf Ser. 2019;1185(1).
Winatha KR, Suharsono N, Agustin K. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. J Pendidik Teknol dan Kejuru. 2018;4(2):188–99.
Pradipta A, Yerimadesi. Pengembangan E-Modul Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk kelas XII SMA. 2020.
Khaira U, Yerimadesi Y. Validitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XII SMA/ MA. Entalpi Pendidik Kim. 2021;2(1):47–56.
Wildayati, Yerimadesi. Entalpi Pendidikan Kimia Validitas dan Praktikalitas E-Modul Larutan Elektrolit dan Non Validity and Practicality of E-Module Electrolyte and Non Electrolyte Solutions Based on Guided Discovery Learning for. 2021;95.
Wiji, Mulyani S, Yuliani G, Okvasari R. Tes Diagnostik Model Mental Tipe Pilihan Ganda Multi Tingkat Pada Materi Koloid (Tdm-Pmt- Koloid). J Penelit Pendidik Paedagog. 2016;19(1):29–37.
Wulandari DR, Marheni, Nurbaity. Analisis Persepsi Siswa pada Materi Koloid dalam Pembelajaran Kimia dengan Menggunakan Mental Image Analysis of Student's. 2014;271–7.
Plomp. An Introduction to Educational Research. National Institute for Curriculum Development; 2007.
Riduwan. Pengantar Statiska Sosial. Bandung: Alfabeta; 2012.
Rosanna DL, Yerimadesi, Andromeda, Oktavia B. Validity and Practicality of Salt Hydrolysis E-Module Based on Guided Discovery Learning for SMA/MA Students. Int J Innov Sci Res Technol. 2021;6(5):1196–201.
Febrila PZ, Yerimadesi Y. Validity and Practicality of Molecular Shape E-Module Based on Guided Discovery Learning. 2021;6(5):661–6.
Kemendikbud. panduan praktis penyusunan E-modul tahun 2017. Jakarta: Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah; 2017.
Yerimadesi. Buku Model Guided Discovery Learning untuk Pembelajaran Kimia (GDL-PK) SMA. 2017.
Habibbulloh M, Jatmiko B, Widodo W. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Discovery Berbasis Lab Virtual Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Smk Topik Efek Fotolistrik. J Penelit Fis dan Apl. 2017;7(1):27.
Hasibuan SR, Andromeda. Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAS Nurul ‘ Ilmi. Ranah Res Multidiciplinary Res Dev. 2021;3(2):7–12.
Muzijah R, Wati M, Mahtari S. Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. J Ilm Pendidik Fis. 2020;4(2):89.
Z LMZU, Haryono, Wardani S. The Development of Chemical E-Module Based on Problem of Learning to Improve The Concept of Student Understanding. 2019;8(2):59–66.
Wahyuni ZA, Yerimadesi. Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2021;3(3):680–8.
Kristalia A, Yerimadesi. Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. J Pendidik Kim Undiksha. 2021;5(2):54–9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.