Practicality of the Guided Inquiry Based Acid-Base Module for Class XI MIPA

Mutia Shafitri, Iryani Iryani

Article Metrics

The abstract has been viewed for 252 times.
The full pdf article has been downloaded for 205 times.

Total Citations

This citation data is acquired through it's entry on Dimensions.Ai website.

Abstract

This study aims to determine the practicality of the guided inquiry-based acid-base module in class XI MIPA. This study uses a plomp development model consisting of 3 stages, namely initial research, prototype development, and the assessment stage. The instrument used in the practicality test is in the form of a questionnaire given to teachers and students. The practicality value is calculated by using Aiken V formula. The result of this study indicates that the module developed has a practical value of 0,89 with a high category.

Keywords

Asam Basa; Guided Inquiry; Module; Plomp; Practicality

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Permendikbud 2018;1–12.

Asda EF, Iryani I. Validitas dan Praktikalitas Modul Titrasi Asam dan Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Soal-Soal Tipe HOTS . Edukimia 2020;2(1):12–7.

SC P, Maimunah M, Hutapea NM. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 2020;4(2):800–812.

Praptiwi L, Sarwi, Handayani L. Efektivitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Unjuk Kerja Siswa Smp Rsbi. Unnes Science Education Journal 2012;1(2).

Rahayu S, Iryani I. Validitas dan Praktikalitas Modul Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing. Edukimia 2020;2(1):44–50.

Ikhwan H, Mawardi. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD ) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis pada materi Sifat Koligatif Larutan. Ranah Research. 2010;2(4):113–118.

Mellyzar M. Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Redoks dan Tata Nama Senyawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 2021;4(1).

Iryani, Bayharti, Iswendi, Putra RF. Effect of Using Guided Inquiry-Based Chemical Bonding Modules on Student Learning Outcomes. Journal Physics: Conference Series 2021;1788(1).

Bahri YR, Iryani I. Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Oksidasi Reduksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Soal High Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Edukimia 2020;2(2):65–70.

Andromeda A, Ellizar E, Iryani I, Bayharti B, Yulmasari Y. Validitas dan Praktikalitas Modul Laju Reaksi Terintegrasi Eksperimen dan Keterampilan Proses Sains untuk Pembelajaran Kimia di SMA. Journal Eksakta Pendidikan (JEP) 2018;2(2):132.

Syamsu FD. Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Smp Siswa Kelas VII Semester Genap.Ilmiah Pendidikan Biologi 2017;4(2):13–27.

Artika PI, Bayharti. Pengembangan Modul Hidrolisis Garam Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA / MA Development of Salt Hydrolysis Module Based on Guided Discovery. Edukimia 2021;3(1).

Harahap AR, Bayharti. Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. Edukimia 2021;3(1).

Permatasari W, Yerimadesi Y. Analisis Validitas dan Praktikalitas dari Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning. Edukimia 2020;2(1):25–31.

Fadhillah F, Andromeda A. Validitas dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Hidrolisis Garam kelas XI SMA/MA. Journal Eksakta Pendidikan 2020;4(2):179.

Retnawati H. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Parama Publishing, 2016.

Sari YP, Gazali F. Validitas dan Praktikalitas Modul Hukum-Hukum Dasar Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing Prompting untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Edukimia 2019;1(2):39–45.

Zuriati Z. Penerapan Metode Small Group Discussion Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Dampak Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Sosiohumaniora Journal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora 2018;4(1):71–77.

Suastika, I Ketut & Rahmawati A. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. Journal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI). 2019;4(2):58–61.

Cheva VK, Zainul R. Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Sma/Ma Kelas X. EduKimia 2019;1(1):28–36.

Sari MP, Azhar M. Pengembangan Modul Perhitungan Rumus Kimia dan Persamaan Reaksi Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Tiga Level Representasi untuk Kelas X SMA/MA. Edukimia 2019;1(2):46–52.

Ayu NA. Pengembangan Modul Elektronik Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Kelas XI Semster I di SMAN 1 Padang Ganting. Repository; Publikasi IAIN Batusangkar

Andromeda, Alfirahmi. Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen untuk Kelas XI SMA/MA. Menara Ilmu 2018;12(12):9–18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.